Fakta Unik Nomor Punggung Sepakbola

Asal Usul
Nomor punggung pertama kali digunakan pada tanggal 25 Agustus 1928 oleh Arsenal dan Chelsea saat bertanding melawan The Wednesday (Sheffield Wednesday) dan Swansea Town.
Penggunaan pada saat itu tidak seperti sekarang ini, pada masa itu pemain Starting Lineup akan mendapatkan nomor punggung 1 sampai 11 sedangkan nomor 12 dan seterusnya adalah milik pemain pengganti. Dimana nomor 13 tidak digunakan karena dianggap pembawa sial. Selain sesuai dengan metode diatas ada juga yang memberikan nomor punggung secara abjad nama pemain seperti yang diperkenalkan oleh Timnas Argentina di Piala Dunia 1978 dan 1982. Kamu bisa baca sejarah lengkapnya disini.
Sekarang pemberian nomor punggung lebih dititik beratkan pada aturan-aturan yang tidak tertulis dikarenakan digunakan oleh banyak klub-klub maupun timnas baik itu sesuai dengan posisi pemain dimana seorang kiper utama akan mendapat nomor 1 dan bek mendapat nomor diantara 2 sampai 5 dan sebagainya, nomor punggung juga disesuaikan dengan ciri khas yang dimiliki nomor tersebut semisal nomor 7 di Manchester United adalah untuk pemain yang memiliki skill paling mumpuni atau nomor 9 di AC Milan yang identik dengan Penyerang Handal (penyerang Oportunis). Namun nomor punggung dapat juga dipilih pemain sebagai ciri khas dari pemain itu sendiri seperti El Shaarawy yang menggunakan nomor 92 sebagai tanda bahwa ia lahir ditahun 1992 atau Firman Utina yang lahir tanggal 15 menggunakan nomor 15 baik di klub maupun timnas.
 
Fakta Unik
Tidak dapat dipungkiri telah terdapat standar yang tertanam bagi tiap tim bahwa nomor punggung hanyalah boleh 2 digit yaitu dari 1 sampai 99. Namun ada pula fakta unik tentang nomor punggung seperti dibawah ini:
1. Ivan Luis Zamorano 1+8 (Inter Milan)
 
Ivan Zamorano selalu menggunakan nomor punggung kesayangannya yaitu 9. Tapi semua berubah ketika Luiz Nazario De lima Ronaldo atau Ronaldo datang dari Barcelona, pasalnya Ronaldo hanya mau menggunakan nomor punggung 9 juga seperti di Timnas Brazil, akhirnya Zamorano memberikan nomor punggung 9 kepada Ronaldo dan dia menggunakan nomor 18, tapi dia tidak kehabisan akal, dia menambahkan tanda plus “+” di antara angka 1 dan 8

2. Gabriel Omar Batistuta 18 (As Roma)

Kasus Batigol (sapaan akrab Batistuta) sama dengan Ivan Zamorano, ketika Batistuta datang ke As Roma dia menginginkan nomor punggung 9, tapi nomor 9 sudah ada yang punya, yaitu Montella. Sempat terjadi perselisihan antara kedua pemain itu sampai-sampai Francesco Totti sang kapten menawarkan nomor punggungnya yaitu 10 kepada kedua pemain itu, tapi mereka menolak. Akhirnya Batistuta mengambil langkah bijaksana dengan memilih nomor 18 yang jika di jumlahkan nomor 1 dan 8 menjadi 9.

3. Lupatelli 10 (Chievo)

 
Biasanya rata-rata nomor punggung seorang kiper adalah 1 atau 12 ke atas, tapi tidak dengan kiper berkepala botak ini, dia memakai nomor punggung 10 yang biasanya di pakai oleh seorang penyerang atau gelandang.

4. Gianluigi Buffon 88 (Juventus)

Tahukan kamu kalo Gianluigi Buffon pernah memakai nomor punggung 88 yang kontroversial di Juventus? di sebut kontroversial karena dalam abjad huruf kedelapan adalah huruf “H” jadi jika di gabung menjadi HH, singkatan dari Hail Hitler.

Dan Inilah Yang Paling Aneh   :

 
5. Vidosic 101 (Australia)
6. Thomas Michael OAR 121 (Australia)


7. Mattew Allan Kemp 118 (Australia)

8. Hicham Zerouali 0 (Abeerdeen FC)

Hicham Zerouali diijinkan memakai nomor punggung 0 saat membela klub Aberdeen FC di Liga Premier Skotlandia. Tak heran para fan memberi julukan pada Hicham sebagai “Zero.” Pemain timnas Maroko ini telah meninggal karena kecelakaan mobil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s