Subnetting

Cara Menghitung Subnetting IP .Pada hakekatnya semua pertanyaan tentang subnetting akan berkisar di empat masalah: Jumlah Subnet, Jumlah Host per Subnet, Blok Subnet, dan Alamat Host- Broadcast.

 

Penulisan IP address umumnya adalah dengan 192.168.1.2. Namun adakalanya ditulis dengan 192.168.1.2/24, apa ini artinya? Artinya bahwa IP address 192.168.1.2 dengan subnet mask 255.255.255.0. Lho kok bisa seperti itu? Ya, /24 diambil dari penghitungan bahwa 24 bit subnet mask diselubung dengan binari 1. Atau dengan kata lain, subnet masknya adalah: 11111111.11111111.11111111.00000000 (255.255.255.0). Konsep ini yang disebut dengan CIDR (Classless Inter-Domain Routing) yang diperkenalkan pertama kali tahun 1992 oleh IEFT.

Mengetahui Perhitungan subneting

  1. A )    1 – 126 0 N.H.H.H 255.0.0.0
  2. B )     128 – 191 10 N.N.H.H 255.255.0.0
  3. C )     192 – 223 110 N.N.N.H 255.255.255.0
  4. D)      224 – 239 1110
  5. E)      240 – 254 1111

Biasanya angka nya terdapat setelah garis miring di soal (/).
Nah sekarang  bakalan ngasih contoh nih buat  semua . Ini contoh bagaimana mengetahui subneting secara perhitungan .

Soal 1.
173.0.0.0/19

IIIIIIII   IIIIIIII   III00000   00000000
Habis garis miring kan angka 19 , jd hitung  angka 1 smpe 19 , di pisah 8 8 ya

1)    Next , cara menghitung Jumlah subnet ,

Jadi hitung deh 2pangkat3  = 8 , 3 dpt drimana sih ?
pertanyaan yang bagus , 3 itu dapat dr jumlah 1 yg ada di antara angka 1 badan 0 di kelompok no 3 , yang akhir angka 1 tuh di kelompok mana trus ada berapa ,

2)    Selanjutnya , jumlah host subnet

Hitung deh 2pangkat13 -2 = 8192-2
= 8190 : 256 = 32
13 dapet dari jumlah angka 0 (nol) nya ya gan . klo pembagian nya itu emang wajib kalo dpt jumlah host subnetnya lebih dari 255 .

3)    Jumlah block subnet

Jadi , 256-224=32 , nah itu jawaban nya .
Terus masukin deh brapa block subnetnya sesuaikan dgn jumlah subnet nya , kalo 8 ya 8 aja ..
(0,32,64,96,128,160,192,224….)   <<8 sesuai jumlah subnetnya ya

Subnet 173.0.0.0 173.0.32.0 173.0.224.0
Host  1 173.0.0.1 173.0.32.1 173.0.224.1
Host  2 173.0.0.2 173.0.32.2 173.0.224.2
Host akhir 173.0.30.254 173.0.62.254 173.0.254.254
Broadcast 173.0.31.255 173.0.63.255 173.0.255.255

Host 1                              host 2                                 host 8

Soal 2.

10.0.0.0/16

IIIIIIII   IIIIIIII   00000000   00000000

Habis garis miring kan angka 16 , jd hitung angka 1 smpe 16 , di pisah 8 8 ya .

2n

  1. Next , cara menghitung Jumlah subnet ,

Jadi hitung deh 28   = 256 , 8 dpt drimana sih ?
pertanyaan yang bagus , 8 itu dapet dr jumlah 1 yg ada di antara angka 1 dan 0 , pkok nya yang akhir angka 1 tuh di kelompok mana trus ada brapa , gitu .

2y-2

2.   Selanjutnya , jumlah host subnet

Hitung deh 216-2 = 65536-2

= 65534 : 256 = 255

16 dapet dari jumlah angka 0 (nol) nya ya  . klo pembagian nya itu emang wajib 256 kalo dpt jumlah host subnetnya lebih dari 255 .

256-….= jumlah host subnet

3.      Jumlah block subnet

Jadi , 256-224=32 , nah itu jawaban nya .

Terus masukin  berapa block subnetnya sesuaikan dgn jumlah subnet nya , kalo 8 ya 8 aja ..

(0,1,2,3,4,5,6,…….225)   << sesuai jumlah subnetnya ya

Subnet 10.0.0.0 10.1.0.0 10.255.0.0
Host  1 10.0.0.1 10.1.0.1 10.255.0.1
Host  2 10.0.0.2 10.1.0.2 10.255.0.2
Host akhir 10.0.255.254 10.1.255.254 10.255.255.254
Broadcast 10.0.255.255 10.0.255.255 10.255.255.255

Host 1                                   host 2                                                    host 256

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s